Jumat, 11 Oktober 2013

Cara Mengetahui Rank Alexa Blog

Mengetahui rank alexa bukanlah hal yang sulit. Setiap blog dapat kita lihat posisi rank alexa -nya. Rank alexa ini sangat penting bagi seseorang yang mengelola bisnis online. Kenapa? Karena rank alexa ini memiliki pengaruh terhadap nilai seberapa baik blog yang kita kelola. Semakin sedikit nilai dari rank alexa maka semakin baik blog.
Bagi pelaku bisnis online, tentunya traffic yang tinggi sangat perlu untuk bisa dicapai. Semakin banyak orang yang mengunjungi blognya, maka akan semakin dikenal barang/jasa yang ditawarkan. Tentunya itu sangat penting bukan? Rank alexa juga menentukan dan dapat menjadi patokan kita bagaimana mengetahui kwalitas dari suatu blog.
Bagi seorang pemasang iklan misalnya, untuk dapat memasang iklan di sebuah blog maka ia harus mengetahu seberapa baik blog tersebut. Kita dapat saja mempercayai jumlah pengunjung blogdari widget histats misalnya yang dipasang. Namun itu tidak menjamin bahwa blog tersebut benar-benar dikunjungi jumlah orang sebanyak yang terhitung dalam sehari.
Yang dapat lebih meyakinkan untuk melihat suatu nilai blog adalah rank alexa yang saya sebutkan dari awal. Adapun mengenai blog ini, memang saya baru mempelajari bagaimana meningkatan traffic ke blog dengan metode SEO (Search Engine Optimization). Blog ini masih jauh dari baik dalam hal rank alexa. Namun anda perlu tahu bahwa memang rank alexatersebut penting untuk diketahui.

Memasang Toolbar Alexa di Browser

Untuk mengetahui rank alexa suatu blog, kita dapat memasang sebuah toolbar alexa di browser. Adapun untuk mengetahuinya perlu koneksi online tentunya. Cara yang akan saya sebutkan disini adalah bagaimana memasang toolbar alexa di browser Google Chrome dan Mozilla Firefox. Berikut langkah mudahnya :
Memasang toolbar alexa di google chrome.
  1. Kunjungi tautan halaman ini http://www.alexa.com/toolbar.
  2. Klik Install Alexa Ekstention
  3. Kemudian akan ditujukan ke halaman menambah ekstensi di Google Chrome.
  4. Klik + ADD TO CHROME
Alexa toolbar web
Alexa toolbar web
Dari yang saya tahu untuk memasang ekstensi di google chrome adalah dengan login ke gmail menggunakan akun gmail anda. Jika belum login, maka akan diminta login terlebih dahulu sebelum proses pemasangan ekstensi.
Sedangkan untuk memasang toolbar alexa di Mozilla Firefox adalah dengan cara sebagai berikut :
  1. Kunjungi tautan halaman ini http://www.alexa.com/toolbar.
  2. Klik Install Alexa Ekstention
  3. Kemudian akan diarahkan ke halaman policy dari alexa. Klik Accept and Install.
  4. Kemudian klik Allow pada peringatan yang muncul di mozilla firefox.
  5. Tunggu loading download addon alexa selesai, kemudian klik Install pada window yang muncul. Klik Restart pada peringatan yang muncul.
  6. Jika menemui ada halaman form pada saat browser telah di restart klik no thanks, jika tidak ingin mengisikan data.
Untuk lebih mudahnya, silakan melihat bagaimana cara install toolbar alexa di mozilla firefox. Klik gambar untuk memperbesar.
Klik install alexa toolbar di website alexa
Klik Install Alexa Toolbar
Accept and install dan klik allow
Klik accept and install dan klik Allow
install now untuk alexa toolbar
klik install now
restart firefox untuk memasang alexa toolbar
restart firefox
Kemudian jika muncul pengisian form alexa, jika tidak ingin mengisinya klik no thanks pada bagian bawah halaman.
klik no thanks
klik no thanks
Kemudian jika muncul peringatan seperti gambar di bawah ini, klik ok.
klik OK di peringatan
klik OK
Contoh rank alexa facebook.com
rank alexa facebook dot com
rank alexa facebook
Setelah step diatas, tentunya kita sudah dapat mengetahui nilai rank dari suatu blog. Tips dari seorang master seo yang bisa saya kutip yaitu, jangan mudah percaya terhadap traffic di semacam widget histats bisa saja direkayasa, periksalah rank alexa nya lebih kecil lebih bagus. rank 200000 itu sudah bagus blognya.
Namun seperti yang anda lihat, blog ini masih di rank 3 juta di alexa, saya masih berusaha merampingkan rank alexa. Maklum blogger pemula.

Cek Rank Alexa Melalui Website Alexa.com

Selain itu, cara mudahnya tanpa memasang toolbar alexa adalah dengan mengunjungi wesite alexa.com. Di halaman pertama kita akan dihadapkan dengan sebuah kotak telusur. Namun itu bukanlah kotak untuk penelusuran, akan tetapi kotak tersebut untuk mengetahui rank alexa blog. Untuk mengetahui rank alexa  suatu blog, anda dapat mengetikan URL blog yang dimaksud ke dalam kotak tersebut. Mudah bukan?
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar