Minggu, 02 Maret 2014

Cara Mengatasi Blog yang Terkena Google Penguin

Solusi Mengatasi Blog yang Terkena Google Penguin
sumber: www.ebuzznet.com

Seperti yang sudah saya singgung di postingan saya sebelumnya bahwa beberapa hari yang lalu, tepatnya kalo nggak salah tanggal 4 September blog ini terkena hukuman dari Algoritma terbaru Google yang mengakibatkan hampir seluruh postingan blog ini turun peringkat di SERP. Nah, mulai beberapa hari ini syukur Alhamdulillah blog ini sudah mulai kembali normal.

Saya nggak tahu pasti apakah Google sedang labil atau gimana yang jelas ada sedikit sesuatu yang saya lakukan pada blog ini yang mungkin saja menjadi salah satu penyebab kenapa blog ini bisa normal kembali. Sesuatu apakah itu?

Sesaat setelah blog saya terkena hukuman dari google saya sempat mencari informasi tentang bagaimana cara untuk Mengatasi Blog yang Terkena Google Penguin. Ada yang yang menyarankan untuk mengganti template, submit ulang sitemap, dan lain sebagainya. Semua saran tersebut gak ada yang saya lakuin :D, justru entah datang dari mana saya mempunyai ide/solusi lain yaitu dengan sedikit merubah struktur title pada blog ini. Kurang lebih seperti ini:

Struktur title sebelum:

Judul Postingan di Sini | Blog Kang Aabb

Saya rubah menjadi seperti ini:

Judul Postingan di Sini - Blog Aabb

Ada alasan kenapa saya lebih memilih sekedar mengganti struktur title daripada harus repot-repot gonta-ganti template, yaitu dengan harapan google mengindex kembali postingan-postingan di blog saya dengan judul yang sedikit berbeda.

Entah trik yang saya lakukan ini work atau memang sekedar kebetulan saja, tapi selang beberapa hari setelah mengganti struktur title, beberapa postingan mulai muncul lagi di halaman utama dan tampil dengan judul yang baru, sedangkan beberapa postingan masih belum kelihatan yang mungkin belum sempat terindex ulang.

Dan sampai postingan ini dipublikasikan Alhamdulillah hampir seluruh postingan sudah balik lagi seperti semula dan visitor yang sebelumnya menghilang hampir 50% juga sudah kembali lagi. Nah, bagi yang blognya juga mengalami hal serupa seperti blog ini, gak ada salahnya juga untuk mencoba seperti yang saya laukan.

Oh ya ada satu lagi hal yang saya lakukan selain mengganti stuktur judul, yaitu menghapus semua link keluar. Link keluar yang saya maksud disini hanya sebatas link yang berada di sidebar seperti link blogroll, dll. karena mungkin saja ada link yang mengarah ke blog yang sebelumnya sudah dicap sebagai blog spam oleh google sehingga blog kita ikutan dianggap spam. Mungkin.

Mungkin hanya segitu saja postingan kali ini, dan inti sebenarnya dari Solusi Mengatasi Blog yang Terkena Google Penguin bukan dengan cara mengganti title, ganti template, submit ulang, dll. tapi tetap semangat dan pantang menyerah

0 komentar:

Posting Komentar